VLC - Pemutar Video Untuk Android

Menonton video pada perangkat berbasis desktop maupun mobile tentu saja membutuhkan dukungan dari video player atau aplikasi pemutar video. Begitu pula dengan perangkat yang berbasis Android OS, tersedia banyak aplikasi yang bsia digunakan untuk memutar video.

Meskipun secara standar Android OS sudah memiliki pemutar video, namun masih banyak pengguna yang merasa tidak puas dengan aplikasi bawaan ini. Hal ini kemudian membuat banyaknya aplikasi pemutar video yang bertebaran di Google Play.

VLC - Pemutar Video Untuk Android

Diantara begitu banyaknya pemutar konten video, VLC hadir dengan menawarkan tampilan dan performa yang terbilang sangat ringan. VLC yang merupakan singkatan dari Video LAN Client ini sudah sangat akrab bagi para pengguna Windows, dan sekarang sudah mulai menyapa para pengguna Android.

VLC - Pemutar Video Untuk Android
VLC - Pemutar Video Untuk Android


Meskipun VLC sudah hadir untuk Android dalam 2 tahun belakangan ini, namun aplikasi ini masih dalam versi beta. Sekarang, aplikasi VLC sudah melakukan rilis resmi ke Play Store dengan mengusung versi 1.0. Hal ini tentu saja menandakan bahwa aplikasi ini sudah melakukan pentas dari versi beta. Poin utama yang membuat VLC menjadi sangat direkomendasikan untuk dijadikan pemutar video di Android adalah sifatnya yang sangat fleksibel dan tidak menyiksa kinerja dari perangkat Android.

Selain memiliki kinerja yang lebih stabil, ada beberapa perbaikan yang dilakukan pada VLC versi 1.0 ini. Masalah bug Android 5.0 dan beberapa isu-isu yang bisa mempengaruhi kinerja dari perangkat yang menggunakan prosesor ARMv8 juga sudah dibenahi. Hanya saja, penggunaan VLC ini belum bisa berjalan bersama dengan Chromecast untuk sekedar melakukan share tampilan video ke layar TV. Namun mengingat besarnya dukungan dari pemerhati VLC di seluruh dunia, maka kekurangan seperti ini tampaknya akan segera dibenahi pada versi selanjutnya.

Untuk fitur, VLC versi 1.0 hadir dengan memberikan layanan yang tak kalah dengan pemutar video lainnya. Melakukan pengaturan untuk volume ataupun kecerahan video bisa dilakukan cukup dengan menggesek layar dari atas ke bawah ataupun sebaliknya. Selain itu, VLC juga secara otomatis akan melakukan pause terhadap video yang sedang diputar jika ada panggilan yang masuk. 

Terdapat pula widget dan network streams yang berfungsi bagi Anda yang senang mendengarkan radio secara online. Aplikasi ini juga mendukung auto rotation dan adanya pembaharuan terhadap hardware decoder membuatnya kompatibel untuk memainkan semua jenis video.

Bagi Anda yang sangat senang mengakses konten video di perangkat Android, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan VLC versi 1.0 yang bisa Anda dapatkan gratis dari Play Store.


0 Response to "VLC - Pemutar Video Untuk Android"

Post a Comment