Sekilas Mengenal Keunikan Nama Versi Android

Android yang merupakan sistem operasi berbasis terbuka (open source) kini telah tersemat di jutaan gadget di berbagai belahan dunia. Bagi Anda yang teliti, ada sebuah keunikan dalam pemberian nama terhadap setiap versi Android. Selain pemberian nama yang selalu berdasarkan alphabet, nama yang digunakan juga memilih jenis hidangan makanan.

Keunikan Nama Versi Android

- Android 1.0 : Apple Pie

Saat dirilis pertama kali di tahun 2008, sistem operasi ini sangat minim dengan fitur. Adalah HTC Dream atau T-Mobile G1 yang menjadi smartphone pertama menggunakan sistem operasi ini.

10 nama unik Versi Android
10 nama Versi Android, memang unik (foto: IBNLive)

- Android 1.1 : Banana Bread

Diperkenalkan kepada publik di Februari 2009, Banana Bread memiliki beberapa perubahan secara signifikan. Kemampuan seperti menyimpan lampiran data serta kemampuan untuk menyembunyikan atau menampilkan tombol panggilan kemudian membuat sistem operasi ini mulai dilirik pada saat itu.

- Android 1.5 : Cupcake

Versi 1.5 ini kemudian menjadi edisi dimana Andoid mulai menujukkan kemampuan yang sebenarnya. Bisa dikatakan, ini merupakan versi pertama yang menggunakan makanan penutup sebagai nama kodenya. Versi Cupcake sudah merambah penggunaan dari aplikasi pihak ketiga seperti penggunaan aplikasi mengetik dengan tambahan fitur prediksi teks.

- Android 1.6 : Donut

Keunikan nama versi Android terus berlanjut pada edisi 1.6, yaitu pemilihan kue donat. Ada beberapa perbaikan penting pada versi ini seperti bug yang sering membuat OS reboot dengan sendirinya atau masalah saat membuka file foto dari kamera. Selain itu, versi ini juga menghadirkan fitur untuk perangkat yang memiliki layar berukuran besar serta adanya tambahan fitur navigasi turn by turn.

- Android 2.0/2.1 : Eclair

Eclair merupakan hidangan penutup yang memiliki bentuk persegi panjang dan diberi krim pada bagian tengahnya serta dilapisi cokelat pada bagian atasnya. Android dengan kode nama ini rilis pada Oktober 2009 dengan menambahkan fitur bluetooth 2.1, Selain itu, terdapat juga beberapa fitur baru seperti seperti kamera dengan digital zoom, multi-touch, dan live wallpaper.

- Android 2.2 : Froyo / Frozen Yogurt

Froyo yang masih terbilang asing bagi orang Indonesia merupakan jenis makanan penutup yang menggunakan yogurt sebagai bahan dasarnya dan menyerupai es krim. Sistem operasi yang dirilis pada Mei 2010 ini memiliki penambahan pada hal kecepatan dan peningkatan kemampuan pada browser Google Chrome.

- Android 2.3 : Gingerbread

Gingerbread merupakan kue jahe yang memiliki bentuk mirip manusia dan sangat sering diadaptasi ke dalam berbagai jenis animasi buatan Hollywood. Versi 2.3 ini memiliki penambahan pada kamera untuk melakukan video call, SIP internet calling, nirkabel NFC, dan beberapa jenis sensor. Tersemat pula fitur download manager yang semakin memudahkan penggunanya dalam mengunduh file.

- Android 3.0 : Honeycomb

Pada Februari 2011, keunikan nama versi Android terus berlanjut dengan dirilisnya OS yang khusus untuk penggunaan pada perangkat tablet. Fitur tambahan yang diberikan tentu saja hanya berlaku untuk tablet, seperti desain ulang untuk keyboard virtual dan holografis.

- Android 4.0 : Ice Cream Sandwich

Ice Cream Sandwich merupakan versi gabungan antara Honeycomb dengan beberapa versi sebelumnya, dimana penggunaannya diperuntukkan pada perangkat smartphone dan tablet. Keberadaan versi ini akhirnya membantu para vendor dalam memproduksi perangkat dengan segmen tertentu.

- Android 4.1 : Jelly Bean

Jelly Bean dianggap sebagai versi Android yang memiliki kinerja paling cepat dan terhalus. Resmi diperkenalkan di sebuah konferensi Google I/O pada Juni 2012, versi Android yang satu ini mampu memberikan pengalaman luar biasa bagi penggunanya dengan menyajikan tampilan interface serta Google Search yang dibekali kemampuan baru.

- Android 4.4 : KitKat

Sebelumnya, banyak pengamat yang memperediksi bahwa versi 4.4 akan diberi nama “Key Lime Pie”, namun ternyata salah total. Pemilihan kode nama KitKat terbilang sangat mencengangkan mengingat produk cokelat ini sudah tegolong komersial. Versi Kitkat memiliki keunggulan dan keunikan yang sangat signifkan, seperti adanya penambahan inframerah yang sebenarnya dianggap sudah tidak tenar lagi.

- Android 5.0 : Lollipop

Keunikan nama versi Android yang terakhir adalah Lollipop yang merupakan versi dari sebuah permen. Sistem operasi ini mengalami peningkatan dalam hal keamanan, desain, device sharing, serta diklaim lebih hemat baterai.


0 Response to "Sekilas Mengenal Keunikan Nama Versi Android "

Post a Comment