Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Pengguna sistem operasi Android akan merasakan pengalaman luar biasa saat menggunakan sistem operasi buatan Google ini. Namun tak sedikit pula penggunanya yang justru merasa kurang puas dengan performa dari perangkat Androidnya. Rasa kurang puas itu kemudian bisa terakomodir dengan mengeluarkan seluruh potensi dari smartphone ataupun tablet yang menggunakan Android OS melalui sebuah metode yang disebut root.

Pada dasarnya, root Android berfungsi untuk memberikan hak akses kepada penggunanya secara penuh. Hal ini kemudian membuat penggunanya bisa memasuki sistem Android tanpa batas dan melakukan berbagai tindakan seperti menambah, mengurangi, ataupun memodifikasi file-file yang terdapat di dalam sistem Andoird itu sendiri. Namun, hal ini bisa juga memberikan dampak buruk baik itu untuk perangkat keras, maupun bagi sistem Android itu sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Root Android
Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Kelebihan Root Android

- Bebas menginstall aplikasi

Ada beberapa aplikasi penting yang saat akan di-install justru membutuhkan akses root, seperti aplikasi App2Card atau Link2SD. Fungsi dari aplikasi seperti ini bertujuan untuk memindahkan aplikasi-aplikasi ke memori eksternal. Atau aplikasi seperti Titanium Backup yang bisa membantu untuk melakukan backup dari aplikasi yang sudah terinstall. Inilah alasan mengapa banyak orang ingin melakukan root terhadap perangkat Androidnya.

- Dapat menginstall custom ROM

Custom ROM merupakan sistem kustom atau alternatif dari Android. Dalam artian lain, sistem operasi yang digunakan tidak berasal dari vendor ponsel. Namun bukan berarti dengan melakukan root maka Anda bisa melakukan instalasi Custom ROM, tapi perangkat Android yang ingin dipasangi custom ROM memang membutuhkan akses root.

- Memaksimalkan kinerja ponsel

Kelebihan root Android selanjutnya adalah memungkinkan pengguna untuk melakukan overclock prosesor, sebuah proses yang bisa memaksa perangkat keras untuk bekerja secara lebih cepat. Namun overclock bisa membuat usia dari prosesor menjadi lebih pendek, baterai yang lebih boros, serta memungkinkan sistem berjalan secara tidak stabil.

- Menghapus aplikasi bawaan

Aplikasi bawaan pabrik bisa dihapus jika perangkat Android Anda telah di-root. Bagi Anda yang ingin melakukan hal ini, sebaiknya lebih selektif karena menghapus aplikasi bawaan pabrik bisa membuat kinerja dari ponsel menjadi kurang sempurna. 

Kekurangan Root Android

Meskupun banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan root pada Android, tetap ada bahaya yang siap mengintai perangkat Anda.

- Masalah keamanan

Banyak pihak yang menganggap bahwa dengan melakukan root berarti bisa memudahkan aplikasi yang memiliki malware menyerang perangkat Anda. Hal ini bisa membuat data-data Anda menjadi rusak atau dicuri. Meskipun hal ini masih menjadi perdebatan, namun ponsel yang belum di-root sekalipun tetap memiliki celah untuk terserang malware.

- Garansi hilang

Kekurangan root Android selanjutnya adalah hilangnya garansi. Secara umum, jika perangkat Anda yang sudah di-root mengalami kerusakan seperti speaker yang tidak berfungsi, maka pihak service center akan menganggap bahwa kerusakan disebabkan karena proses root, meskipun sebenarnya bukan ini penyebabnya. Namun perangkat Android Anda masih bisa dikembalikan ke kondisi awalnya sehingga tidak akan terdeteksi saat klaim garansi. Proses ini sendiri dikenal dengan istilah unroot. Bagi Anda yang ingin mengklaim garansi, selain dengan melakukan unroot, lakukan pula factory reset.

***

Root pada perangkat Android merupakan sebuah proses yang bertujuan untuk memberikan akses bagi pengguna agar bisa masuk ke dalam sistem Android secara lebih leluasa. Dengan melakukan hal ini, maka Anda bisa memiliki kontrol yang penuh terhadap perangkat Anda. Namun jika kemampuan mengontrol secar penuh ini tidak dilakukan secara hati-hati, maka bisa membuat sistem justru menjadi rusak. Semoga informasi mengenai kelebihan dan kekurangan root Android ini bisa membantu Anda untuk lebih selektif jika ingin melakukan root. Apabila performa dari perangkat Anda masih memuaskan, sebaiknya hindarilah untuk melakukan root.


0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Root Android"

Post a Comment