Tips Mengatasi Android yang Lambat

Tips Mengatasi Android yang Lambat - Saat ini, Android sudah mendapatkan pengakuan sebagai sistem operasi terbaik untuk perangkat ponsel maupun tablet. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa sistem yang berbasis terbuka ini sempurna tanpa celah.

Ruang Penyimpanan Hampir Habis

Faktanya, perangkat yang menggunakan sistem Android akan mulai terasa lambat seiring lamanya waktu penggunaan dari perangkat tersebut. Secara teknis, sistem Android yang terasa lambat atau lemot disebabkan karena sistem yang terus menerus membuat junk file yang kemudian akan memakan ruang penyimpanan. Kondisi ini akhirnya membuat performa dari perangkat Android Anda menjadi terganggu. Ruang penyimpanan yang hampir habis merupakan masalah umum yang membuat penurunan performa Android. Untuk itu, periksalah storage Anda melalui Setting >> storage

mengatasi HP Android yang lambat
Tips mengatasi HP Android yang lambat
Secara ideal, sisakan paling tidak 20% ruang penyimpanan agar performa smartphone Anda bisa tetap stabil. Apabila ruang penyimpanan Anda ternyata di bawah 20%, cobalah untuk melakukan pembersihan.

  • Hapuslah aplikasi-aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan.
  • Hapus junk file dan cache data dengan menggunakan bantuan aplikasi seperti Clean Master.
  • Sebaiknya rapikanlah file-file multimedia Anda yang biasanya memiliki ukuran besar, atau lakukan back up data ke dalam komputer.

Penggunaan Widget yang Berlebihan

Setelah melakukan langkah pembersihan, tips mengatasi Android yang lambat selanjtunya adalah dengan memperhatikan penggunaan widget. Meskpun tampilan dari widget bisa menjadi daya tarik tersendiri, namun hal ini justru bisa menjadi penyebab perangkat Anda menjadi lambat. Banyak penggunaan widget yang hanya akan semakin menyiksa performa dari smartphone Android, terutama bagi Anda yang sering menggunakan 3rd party launcher. Pada dasarnya, launcher akan melakukan render pada widget setiap kali Anda membuka homescreen yang kemudian akan mempengaruhi kinerja RAM. Hal ini akan semakin diperparah jika Anda menggunkan 3 widget. Untuk mengatasi hal ini, bijaklah dalam menggunakan widget. Sebaiknya hindari penggunaan widget yang sebenarnya jarang Anda akses, melainkan hanya untuk mempercantik tampilan.

Kesalahan Pengaturan Animation

Android launcher dengan sifat 3rd party pasti memiliki pengaturan animation yang berbeda-beda. Pengaturan standar Android yang tidak sesuai dengan pengaturan dari launcher tersebut bisa membuat kinerja dari device menjadi lambat. Maka dari itu, pastikan untuk mengakses informasi mengenai developer option, lalu sesuaikanlah dengan launcher yang Anda gunakan.

Terlalu Banyak Aplikasi Background

Tips mengatasi Android yang lambat selanjutnya adalah dengan memperhatikan aplikasi yang berjalan pada background. Jika Anda memasang aplikasi dalam jumlah yang banyak, maka banyak pula aplikasi yang akan berjalan pada background (berjalan secara tidak terlihat) yang tentunya akan memakan RAM. Apabila aplikasi-aplikasi ini menggunakan RAM dalam jumlah yang banyak, maka bisa berdampak pada kinerja Andorid Anda yang menurun.

Anda bisa mencoba untuk membersihkan memori dengan menggunakan Clean Master. Namun terkadang hal ini tidak terlalu membantu, sehingga aplikasi background akan kembali memenuhi RAM. Untuk itu, gunakanlah aplikasi Greenify yang akan bekerja dengan cara mengunci aplikasi background tersebut dan membuatnya ‘tertidur’ sehingga tidak akan menganggu kinerja dari RAM. Meskipun aplikasi ini bisa dijalankan pada perangkat yang belum di-root, namun akan lebih maksimal lagi jika device Android Anda sudah di-root.

Perangkat Jarang Te-restart

Tips terakhir ini mungkin merupakan teknik yang sangat sederhana untuk dilakukan, namun terkadang dianggap sebagai hal yang sepele. Pasalnya, perangkat yang menyala dalam kondisi lama dan tidak pernah mati lebih berpotensi untuk menjadi lambat. Untuk itu, restart-lah perangkat Android Anda karena masalah-masalah yang terjadi pada aplikasi maupun sistem Android itu sendiri bisa dipulihkan dengan melakukan restart.

***

Apabila tips mengatasi Android yang lambat di atas ternyata tidak memberikan dampak yang signifikan, berarti sudah waktunya untuk mengganti perangkat Anda. Hal ini menandakan bahwa material dari perangkat Anda memang sudah bermasalah, atau karena kebutuhan Anda yang memang sudah lebih dari sebelumnya.



0 Response to "Tips Mengatasi Android yang Lambat"

Post a Comment