Smartphone Android Ini Sangat Mirip iPhone 6

Anda menginginkan Smartphone Android yang mirip iPhone 6? Baru-baru ini MacWord merilis berita ada sebuah perusahaan di Cina bernama Digione telah meluncurkan produk terbarunya, sebuah smartphone berlayar 5,5 inchi yang sangat mirip dengan iPhone 6. Gawai yang diberi nama +100 ini menggunakan prosesor MediaTek 8-core yang menjalankan sistem operasi Android hasil modifikasi perusahaan mesin pencari terbesar Cina, Baidu. Tidak seperti iPhone 6 yang harganya mencapai £548, atau sekitar 10,5 juta di Cina, smarphone Android ini mengincar pasar low end dengan harga £82 atau sekitar 1,57 juta saja.

Digione +100, Android yang mirip iPhone 6
Digione +100, smartphone Android yang mirip iPhone 6
Masalahnya, Digione mengklaim bahwa Apple-lah yang telah melanggar hak paten yang telah mereka daftarkan. Menurut MacWord, perusahaan Cina yang jarang kita dengar ini menyatakan telah mengirim surat ke Apple  bulan September lalu, mengklaim bahwa  iPhone 6 dan iPhone 6 Plus telah meniru desain dari +100.

Paten tersebut meliputi desain smartphone +100 yang penampilan luarnya sangat mirip iPhone 6 Plus (lihat desainnya di SINI). Menurut Kantor Hak Kekayaan Intelektual Nasional Cina, anak perusahaan Digione telah mengajukan paten tersebut pada bulan Januari, dan permohonan perusahaan itu telah dikabulkan pada bulan Juli.

Untuk  mempublikasikan masalah ini, Senin lalu mereka memposting surat yang telah dikirim ke Apple di sana ke sebuah laman media sosial. Dalam laman media social bernama Sina Weibo, Digione menyatakan ingin mendapat kesempatan untuk mengatakan yang sebenarnya dan mereka yakin bahwa laman media sosial itu dapat menyelesaikan masalah yang diperselisihkan kedua perusahaan tersebut.

“Kami yakin bahwa komunikasi dengan niat baik akan membantu menyelesaikan perselisihan hukum yang mungkin akan terjadi.” Demikian pernyataan disampaikan Digione melalui postingnya.

Meskipun demikian, masalah ini belum terselesaikan. Apple tidak segera memberikan tanggapan. Padahal, masalah ini bisa memburuk mengingat Apple telah memutuskan untuk memasukkan produknya ke Cina tahun ini.

Tiruan dan Perang Hak Paten 

Rupanya ada saja yang menantang Apple. Selama ini yang kita tahu Apple-lah yang agresif memerangi para penirunya, dan mati-matian mempertahankan apa yang menjadi hak milik mereka. Selama ini yang sering kita dengar menjadi musuh Apple adalah Samsung. Namun demikian, beberapa tahun belakangan ini nampaknya perusahaan raksasa Amerika Serikat ini telah mengendorkan urat syarafnya. Kini kita telah melihat tiruan-tiruan produknya beredar bebas. Tapi di kala semuanya berusaha meniru Apple, tiba-tiba ada sebuah perusahaan yang justru mengklaim Apple telah mencuri kekayaan intelektual mereka. 

Ternyata hal ini bukanlah yang kali pertama Apple berurusan masalah hukum dengan perusahaan Cina berkaitan dengan masalah paten. Pada tahun 2012, Apple harus membayar 60 juta dolar untuk kepemilikan merek dagang iPad, setelah perusahaan lokal bernama Proview mengklaim masih memegangnya. 

Menurut beberapa pendapat yang terlontar di media online, bisa jadi telah terjadi kebocoran desain iPhone sebelum diluncurkan. Kebocoran semacam itu memungkinkan peniruan desain terjadi, karena dengan teknologi yang ada sekarang ini hal semacam itu dilakukan. Bocoran desain yang dilakukan Apple sendiri sebagai promosi sebelum peluncuran juga memungkinkan terjadi peniruan. Namun, ada baiknya kita tunggu berita resmi untuk memperoleh kejelasan tentang ini. Sementara, mungkin Anda dapat memilih Lenovo S90 yang juga mirip iPhone.

Sumber: Macworld

0 Response to "Smartphone Android Ini Sangat Mirip iPhone 6"

Post a Comment