Lenovo S90, Kembaran Apple iPhone 6

Anda ingin mencari smartphone Android yang mirip iPhone 6 atau tiruannya? Mungkin Anda berpikir akan menemukannya pada pabrikan Cina yang tidak terkenal atau jarang kita dengar. Tapi dengan spesifikasi yang tidak mengecewakan? Anda kini bisa menemukannya pada Lenovo. Perusahaan Cina yang kini menjadi perusahaan smartphone ketiga terbesar di dunia ini meluncurkan produk barunya, Lenovo S90 yang sangat mirip dengan Apple iPhone 6.

Kelihatan sekali S90 dari Lenovo ini mengambil banyak sisi desain iPhone 6, termasuk penempatan tombol dan konektor lainnya, garis-garis antena, dan sisi-sisi lengkungnya (curve).  Mungkin pada pandangan pertama pada penampakan luarnya, Anda akan segera mengenali bahwa S90 memang persis iPhone, tapi tombol-tombol masih terlihat kasar.

Lenovo Sisley S90
Lenovo Sisley S90 yang sangat mirip iPhone 6
Walaupun demikian, Lenovo menyatakan tidak mungkin S90 meniru desain iPhone 6, karena proses desain satu produk smartphone setidaknya membutuhkan satu tahun perencanaan dan pembuatan prototipe sehingga tidak mungkin meniru sebuah desain demikian cepat.

Namun tuduhan ini bukan tanpa alasan. Cara mempromosikan Lenovo S90 di laman resminya pun "mengingatkan" pada laman Apple dalam menyajikan iPhone 6. Dari fokus gambar, penonjolan sudut tertentu pada handset, bahkan hingga wallpaper. Ini salah satu buktinya:

Pencahayaan, sudut pengambilan gambar, bahkan wallpaper pada iklan S90 sangat mirip dengan iPhone 6, jika tidak boleh dibilang kembar (foto: International Business Time)

Spesifikasi Lenovo S90

Peniruan ini membuat para pengguna telepon pintar bertanya-tanya. Faktanya, minggu lalu Lenovo bahkan baru membeli Motorola dari Google. Lalu mengapa Lenovo mempertaruhkan namanya untuk hal yang vulgar seperti ini? Jika dicermati jeroan Lenovo S90 atau Lenovo Sisley ini pun sebenarnya lumayan bagus. Layarnya AMOLED 5 inchi, bodi super tipis 6,9 mm, prosesornya menggunakan Qualcom quad-core 1,2 GHz, GPU Adreno 306 , RAM 1 GB dan storage internal 16 GB. dual-SIM, konektivitas NFC, baterai 2.300mAh, dan sistem operasi Android 4.4.4 KitKat.

Apple Dirundung Masalah Peniruan

Lenovo S90 ini diluncurkan hanya seminggu setelah Kepala bagian Desain Apple kelahiran Inggris Sir Jonathan menyampaikan pada para hadirin di Vanity Fair New Establishment Summit di San Francisco mengenai perasaannya terhadap peniruan yang terjadi.  

"Saya tidak melihatnya sebagai sebuah penghargaan. Saya memandangnya sebagai sebuah pencurian.”  ungkapnya secara pedas berterus terang.

Sir Jonathan mengatakan melihat desain-desain tiruan membuatnya membayangkan masa-masa pengembangan yang begitu lama untuk membuat produk orisinilnya.

"Saat Anda melakukan sesuatu kali pertamanya, contohnya membuat smartphone, dan Anda tidak tahu apakah handset itu bisa berfungsi atau tidak, lalu Anda menghabiskan tujuh hingga delapan tahun untuk membuatnya sempurna, tapi kemudian tiba-tiba ditiru habis-habiskan, saya akan terus terang, itu bukanlah sebuah pujian. Saya habiskan berbulan-bulan yang seharusnya saya bisa habiskan bersama keluarga tercinta saya, tapi akhirnya pujian yang dibuat-buat merusaknya."

Sir Jonathan  juga mengungkapkan bagaimana timnya bekerja keras, sebuah tim yang hanya terdiri dari 16 atau 17 orang. "Kini sudah berkembang lebih dari 15 tahun," imbuhnya.

Ini bukanlah yang pertama kali pabrikan Cina dituduh melakukan peniruan ide desain dari Apple. Anda dapat melihat produk pabrikan Cina lain yang juga mirip iPhone 6, klik DI SINI.

0 Response to "Lenovo S90, Kembaran Apple iPhone 6"

Post a Comment