Kekurangan dan Kelebihan Tablet Android Buatan Cina

Pasar perangkat Android baik itu yang berbasis smartphone maupun tablet kini telah dijejali dengan berbagai macam produk. Hal ini tidak terlepas dari sistem operasi Android yang pada dasarnya memang dibuat dengan sifat yang terbuka (open source) sehingga membuat para vendor tidak takut untuk mengeluarkan produknya dalam jumlah yang banyak. Negara produsen yang terbilang sangat produktif dalam menciptakan berbagai varian perangkat Android, terutama untuk tablet, adalah Cina. 

Saking banyaknya varian tablet Cina yang beredar, sebagian kalangan pengguna Android di Indonesia menyamaratakan semua produk Cina adalah kelas low-end. Hal itu terjadi karena mereka melihat secara umum produk-produk yang berasal dari Cina memiliki beberapa ciri-ciri umum yang dianggap kelemahan sebagai berikut.

Tablet Android
Tablet Android

Kekurangan Tablet Android Buatan Cina

- Interface yang kurang layak

Interface atau layar tatap muka merupakan aspek penting dalam penggunaan sebuah perangkat Android. Hanya dengan menggunakan tablet Android generik buatan Cina untuk pertama kalinya, Anda sudah pasti bisa merasakan kualtas dari interface-nya yang tidak sebagus dengan produk ternama. Tampilan gambar yang dihasilkan terkesan agak buram, penempatan icon-icon yang kurang pas, hingga tampilan interface yang terbilang kurang proporsional. Selain itu, tablet buatan Cina juga sering memaksakan penggunaan versi Android yang tidak sesuai dengan spesifikasi hardware.

- Kualitas kamera yang rendah

Pada umumnya, tablet Android buatan Cina tidak terlalu memperhatikan kualitas dari penggunaan hardware. seperti pada bagian kamera. Meskipun keberadaan kamera pada sebuah tablet masih sering diperdebatkan kegunaannya, namun beberapa pabrikan ternama telah menggunakan standar minimal 3 MP untuk kameranya, dimana vendor asal Cina masih menggunakan kamera berkekuatan 1.3 MP atau ada juga yang masih setara VGA.

- Kurang tangguh

Kekurangan tablet Android buatan Cina selanjutnya adalah material produknya yang terbilang terlalu lemah. Saat Anda memegang tablet Android buatan Cina, akan terasa beratnya yang begitu ringan. Hal ini bukan menandakan karena teknologinya yang secanggih iPad, namun dikarenakan material bahan yang digunakan memang berkualitas rendah. Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa umur dari tablet Android produksi Cina akan memiliki usia yang lebih pendek jika dibandingkan dengan buatan pabrikan besar.

- Kurangnya komunitas dan layanan servis

Saat ini, tentu tidak sulit untuk menemukan gerai-gerai yang memajang tablet Android buatan Cina. Namun kebanyakan gerai tersebut tidak menyediakan layanan servis, bahkan untuk menemukan service centre saja sangat susah. Begitu juga dengan komunitas penggunanya di internet, sangat jarang forum diskusi yang fokus membahas mengenai tablet Android buatan Cina. Selain itu, sulit pula untuk mencari custom ROM bagi tablet Androd seperti ini, kecuali jika pencarian dilakukan pada forum-forum yang menggunakan bahasa Cina.

Kelebihan Tablet Android Buatan Cina

Terlepas dari beberapa kekurangan di atas, tablet Android generik buatan Cina memiliki keunggulan yang mana harga yang ditawarkan sangatlah murah. Secara umum, tablet Android bautan Cina dibanderol dengan harga 1 atau 2 juta. Selain cocok bagi Anda yang memiliki dana terbatas, produk ini cocok juga digunakan bagi Anda yang senang melakukan “oprek” pada perangkat Android. Dengan demikian, masalah garansi bukan lagi hal yang harus dikhawatirkan.

***

Tentu saja hal di atas tidak sepenuhnya benar. Kenyataannya, Cina juga memiliki vendor besar yang merajai pasar Android, sebut saja Huawei, Xiaomi, dan Lenovo.  Pengguna Android berpengalaman tentu sudah mengenal tiga Raja Android dari Timur ini. Di luar itu, pabrik-pabrik pembuatan tablet Android, baik yang berasal dari Cina maupun bukan, kebanyakan berada di Cina. Karena itulah kita sering menemukan merek lain namun dilabeli Made in China. Oleh karena itu, panduan di atas hanya mengambil keumuman saja tablet generik buatan Cina sebagaimana yang dipahami oleh sebagian khalayak ramai, dengan harapan bisa memberi Anda referensi dalam menentukan jenis tablet yang akan digunakan.


0 Response to "Kekurangan dan Kelebihan Tablet Android Buatan Cina"

Post a Comment