Cara Menghemat Kuota Internet Android

Cara Menghemat Kuota Internet Android - Di era modern, internet telah menjelma sebagai kebutuhan wajib karena bisa menjadi penunjang bagi seseorang dalam melakukan berbagai aktifitas.
Untuk beberapa kalangan, internet bahkan sudah disejajarkan dengan kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan dari internet itu sendiri sudah semakin fleksibel karena bisa dilakukan di mana saja dengan menggunakan perangkat mobile, seperti perangkat yang berbasis Android. Penyedia layanan seluler juga merespon kebutuhan ini dengan menghadirkan berbagai paket data internet. Dari sisi pengguna, tentu hal ini semakin menarik karena tersedianya begitu banyak opsi dalam berinternet. Namun mereka juga dituntut agar bisa lebih selektif dalam memilih layanan internet.

Sebagai contoh, ada sebuah paket internet yang berbasis kuota 1 GB dan berlaku untuk 1 bulan dengan harga Rp. 50.000. Sementara itu, hadir pula sebuah paket internet tanpa batas dengan threshold 1 GB namun dibanderol dengan harga Rp. 99.000. Apabila Anda jeli dan tahu cara untuk menghemat paket data, maka paket internet dengan harga Rp. 50.000 sebenarnya sudah cukup untuk mengakomodir kebutuhan internet Anda dalam sebulan.

Secara umum, paket internet yang menggunakan kuota bisanya memiliki harga yang lebih murah, karena saat kuota internet tersebut telah habis, maka koneksi internet juga akan ikut terputus. Untuk itu, dibutuhkan sebuah pemahaman agar bisa menghemat kuota dari paket internet tersebut.

Berangkat dari kondisi tersebut, maka kami +MajalahDroid mencoba untuk membagikan beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan kuota internet, khususnya untuk perangkat yang menggunakan Sistem Operasi Android.

Cara Menghemat Kuota Internet Android

Traffic Monitor kuota internet
Traffic Monitor

- Matikan internet saat tidak digunakan

Saat Anda tidur, tentu saja koneksi internet tidak akan terpakai. Untuk itu, matikanlah koneksi internet Anda agar segala notifikasi dari email atau sosial media tidak masuk dan memakan kuota. Selain itu, cara ini juga termasuk ampuh untuk melakukan penghematan baterai. Untuk lebih praktisnya, Anda bisa mengakses langsung pada bagian widget koneksi paket data.

- Matikan Auto-sync 

Cara menghemat kuota internet Android yang kedua adalah dengan mematikan auto-sync. Auto-sync itu sendiri merupakan fitur andalan yang diberikan oleh Google ke dalam sistem Android. Fitur ini bisa memudahkan pengguna untuk melakukan sinkronisasi akun dengan berbagai layanan Google seperti kontak, email, ataupun kalender. Sebaiknya, pilih beberapa layanan yang memang sering Anda gunakan atau jika ingin lebih hemat, matikan semua layanan tersebut.

- Matikan Auto-update

Secara standar, pengaturan dari sistem Android akan melakukan update atau pembaharuan secara otomatis. Untuk itu, aturlah auto-update Anda agar dalam kondisi mati dan sebaiknya gunakan saat terkoneksi dengan jaringan WiFi saja. Perubahan seperti ini akan menghemat kuota internet Anda secara signifikan, apalagi update yang dilakukan oleh aplikasi Android tergolong berukuran besar.

- Penggunaan konten multimedia

Menyaksikan konten multimedia seperti foto dan video memang sangat asyik untuk dilakukan, baik itu melalui browser ataupun dengan menggunakan aplikasi tertentu. Namun hal ini jelas membutuhkan paket data yang lumayan besar, sehingga Anda dituntut agar bisa lebih bijak dalam mengakses konten yang bersifat gambar atau video.

- Gunakan aplikasi pendukung

Cara menghemat kuota internet Android bisa juga dilakukan dengan menggunakan aplikasi pendukung yang memang bertujuan untuk mengontrol atau memonitor penggunaan dari paket data. Anda bisa mencoba aplikasi Juice Defender yang bisa mematikan koneksi internet secara otomatis jika layar dalam kondisi terkunci.

- Batasi paket data

Android dengan versi 4 ke atas memiliki fitur untuk melakukan monitoring terhadap penggunaan paket data sekaligus untuk membatasi penggunaannya. Anda bisa melakukan pengaturan untuk mengingatkan penggunaan dari paket internet. Misalnya jika Anda menggunakan paket data dengan kuota 1 GB, maka aturlah pengingat pada batas 500 MB. Setelah terkena peringatan, Anda kemudian bisa menaikkan ke angka 800 MB. 

***

Sekian ulasan mengenai tips dan cara menghemat kuota internet Android. Bijaklah dalam menggunakan internet dan pastikan penggunaanya untuk hal-hal yang positif. Untuk alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan 4 Aplikasi Android untuk Memonitor Paket Data Internet.



0 Response to "Cara Menghemat Kuota Internet Android"

Post a Comment