4 Aplikasi Android untuk Memonitor Paket Data Internet

Sehebat apapun sebuah perangkat Android, Akan terasa kurang apabila tidak disertai dengan paket data internet. Penggunaan perangkat Android dengan paket data yang sesuai akan semakin memaksimalkan fungsi dan kinerjanya. Namun, kadangkala penggunaan paket data memiliki batas kuota tertentu sehingga sulit untuk mengontrol penggunaanya, bahkan tak jarang pengguna Android kehabisan paket data internet sebelum masanya. Bagi Anda pengguna Android yang sering mengalami kondisi seperti ini, solusinya adalah dengan memonitor penggunaan dari paket data itu sendiri. Anda bisa saja melakukan beberapa pengaturan standar, tapi jika Anda menginginkan sistem monitoring yang lebih spestifik, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa aplikasi berikut.

Aplikasi Android Untuk Memonitor Paket Data

Secara umum, aplikasi-aplikasi di bawah ini memiliki kegunaan yang sama dalam memonitor penggunaan paket data, hanya saja terdapat beberapa perbedaan dalam hal spesialisasi dari tiap aplikasi.

- NetLive

Bytes Insight memonitor paket data aplikasi
Bytes Insight memonitor paket data aplikasi
NetLive merupakan sistem monitoring yang bisa mendeteksi aplikasi apa saja yang sedang berjalan dan membutuhkan koneksi internet. Selain itu, aplikasi ini juga akan menunjukkan berapa besaran data yang dipakai, termasuk informasi mengenai kecepatan upload dan download. Monitoring yang dilakukan oleh NetLive bersifat real-time, dan memiliki interface yang menarik karena bisa digunakan lewat widget atau melalui panel notifikasi.

- Bytes Insight

Aplikasi Android untuk memonitor paket data selanjutnya adalah Bytes Insight. Kehadiran aplikasi ini di dalam perangkat Anda akan semakin melengkapi fitur bawaan dari Android. Bytes Insight merupakan aplikasi yang akan memonitor lalu lintas internet berdasarkan aplikasi yang berjalan. Artinya, aplikasi ini menungkinkan Anda untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menggunakan kuota paling banyak setiap harinya. Dengan demikian, Anda bisa memilih aplikasi mana yang sebaiknya dijalankan atau dinonaktifkan agar bisa menghemat kuota internet. Semua aktivitas yang berjalan di dalam sistem Android dimonitor secara langsung dan akan muncul sebuah notifikasi jika ada sebuah aplikasi yang menggunakan kuota internet dalam jumlah yang berlebihan. Secara default, batasannya ada pada angka 10 bytes, namun Anda bisa mengatur angka tersebut sesuai dengan kebutuhan.

- Traffic Monitor

Penggunaan aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang menggunakan Android dengan versi 4 ke bawah. Meskipun sebenarnya Android versi 4 ke atas sudah memiliki fitur untuk memonitor paket data, namun aplikasi Traffic Monitor ini memliki beberapa fitur tambahan seperti task manager dan tes kecepatan. Aplikasi ini memberikan Anda kebebasan untuk membatasi penggunaan dari paket data pada titik tertentu. Saat penggunaan paket data sudah mencapai batas tersebut, maka akan muncul sebuah pemberitahuan. Fitur dari pemberitahuan inilah yang sangat dibutuhkan bagi pengguna Android karena penyedia layanan seluler hanya akan memberi notifikasi jika kuota internet sudah habis, dan bukan pada saat kuota hampir habis. Dampaknya, kita akan dikenakan biaya yang lebih karena terjadinya over quota yang kemudian menghabisi pulsa reguler.

- NoRoot Firewall

Aplikasi Android untuk memonitor paket data yang terakhir adalah NoRoot Firewall. Bagi Anda yang menginginkan sistem monitoring koneksi internet yang tidak terlihat atau berjalan dalam proses background, aplikasi ini merupakan pilihan yang tepat. Pada dasarnya, NoRoot Firewall akan membuat VPN lokal di dalam sistem Android, lalu melakukan monitoring terhadap lalu lintas data yang kemudian akan mendeteksi aplikasi aktif yang menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini akan mengontrol semua aplikasi tersebut, kemudian memberikan Anda pilihan untuk mematikan koneksi internet dari aplikasi tersebut. Pengaturan standar dari NoRoot Firewall akan membuat koneksi internet dari semua aplikasi tertahan, sehingga Anda harus menekan tombol “Allow” agar koneksi internet dari aplikasi tersebut bisa berjalan kembali. Anda bisa juga memutuskan koneksi internet dari seluruh aplikasi yang terpasang, baik itu yang menggunakan paket data maupun melalui WiFi. Hal ini sangat berguna untuk mengatasi aplikasi yang sering mendownload file berukuran besar.

***

Dengan menggunakan aplikasi Android untuk memonitor paket data di atas, Anda bisa lebih leluasa untuk berinternet ria karena bisa memperhitungkan jumlah paket data yang Anda gunakan tanpa harus merasa was-was jika kuota internet Anda akan habis.


0 Response to "4 Aplikasi Android untuk Memonitor Paket Data Internet"

Post a Comment