4 Aplikasi untuk Menghemat Baterai Android

Perangkat Android sudah sangat terkenal dengan masalah baterai yang boros. Hal ini terbilang wajar mengingat kinerja dari perangkat Android itu sendiri yang memang terbilang sangat memuaskan, sehingga membutuhkan daya yang besar pula. Sebenarnya masalah baterai boros ini bisa diatasi tanpa harus menggunakan bantuan aplikasi, yaitu lebih kepada cara perlakuan kita terhadap perangkat Android itu sendiri. Penggunaan dari aplikasi tambahan hanyalah bersifat untuk melakukan otomatisasi, misalnya membantu untuk mematikan beberapa fitur seperti WiFi, Bluetooth, atau dengan melakukan hibernasi terhadap aplikasi yang jalan pada background.

Bagi Anda yang ingin melakukan penghematan baterai dengan bantuan aplikasi, ada begitu banyak aplikasi berjenis seperti ini yang tersebar di Google Play Store. Namun Anda sebaiknya lebih hati-hati, karena banyak aplikasi penghemat baterai yang justru membuat sistem Android berjalan lambat dan daya tahan baterai tidak berubah.

Aplikasi Untuk Menghemat Baterai Android

Daripada Anda menghabiskan banyak waktu untuk melakukan seleksi aplikasi, berikut kami berikan aplikasi pilihan yang bisa membantu Anda untuk menghemat penggunaan baterai Android.

- GreenPower Premium

GreenPower Premium, penghemat baterai berbayar di Android
GreenPower Premium, aplikasi penghemat baterai berbayar di Android

Aplikasi untuk menghemat baterai Android yang terakhir adalah GreenPower Premium. Penggunaan dari aplikasi berbayar ini akan mengelola perangkat-perangkat seperti Bluetooth, paket data, WiFi, account sync, dll. Anda juga bisa melakukan pengaturan pada display time outbrightness, dan beberapa pengaturan terhadap layar. Keunikan dari GreenPower Premium adalah adanya tombol “Pause” yang berfungsi untuk menghentikan aplikasi secara sendiri. Saat tombol pause ini diaktifkan, maka pengaturan pada perangkat Anda akan kembali secara default, atau kembali pada pengaturan yang sudah Anda buat sebelumnya. Masih banyak lagi fitur yang dimiliki GreenPower Premium. Anda dapat menebusnya seharga 39.000 rupiah.

- Greenify

Bagi mereka yang sudah melakukan root pada perangkatnya, Greenify menjadi aplikasi favorit untuk menghemat baterai, meskipun aplikasi ini bisa juga bekerja pada perangkat yang masih standar. Penggunaan aplikasi Greenify ini tidak akan menganggu kinerja dari perangkat Android sehingga sangat direkomendasikan untuk dicoba. Greenify akan membantu Anda dalam melakukan identifikasi serta menaruh aplikasi-aplikasi yang banyak menggunakan baterai ke dalam mode hibernasi apabila sedang tidak digunakan. Dengan mematikan aktifitas dari aplikasi-aplikasi tersebut, maka perangkat Android Anda akan terbebas dari lag dan juga bisa lebih hemat dalam penggunaan baterai.

Greenify Android
Greenify mampu menaruh aplikasi boros baterai ke mode hibernasi.

- Clever Connectivity

Aplikasi untuk menghemat baterai Android yang kedua adalah Clever Connectivity. Aplikasi ini bekerja dengan cara melakukan pengaturan terhadap penggunaan paket data internet secara selektif tanpa harus membuat Anda melewatkan notifikasi dari email ataupun aplikasi berbasis online lainnya. Aplikasi ini telah dilengkapi dengan fitur untuk mengatur Data Manager, Data Connection, WiFi Connection, Auto Wifi Off, WiFi Manager, Sleep Hours, Auto Sync, Usage Check Interval, dan Time Off. Fungsi dari beberapa fitur ini bisa Anda pelajari sendiri dengan segera memasang aplikasi Clever Connectivity.

- JuiceDefender Ultimate

Penggunaan aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengontrol penggunaan baterai melalui fitur profil yang tersedia. Misalnya jika kondisi baterai hampir habis, maka Anda bisa segera menggunakan profil agresif. Profil ini berfungsi untuk menutup segala jenis konektivitas saat baterai hampir habis, sehingga membuat penggunaan baterai bisa menjadi lebih efektif. Beberapa profil yang disediakan antara lain Extreme, Balance, dan Advanced yang bisa Anda atur sendiri melalui profil Customize.

***

Dari beberapa aplikasi untuk menghemat baterai Android di atas, Anda bisa saja menjalankannya secara bersamaan seperti Clever Connectivity dan Greenify. Namun sebaiknya hindarilah penggunaan aplikasi secara bersamaan jika memiliki fungsi yang sama persis, karena selain akan terlihat konyol, hal ini bisa membuat baterai Anda justru menjadi boros.


0 Response to "4 Aplikasi untuk Menghemat Baterai Android"

Post a Comment