Spesifikasi Lumia 535, Smartphone Pertama yang Menyandang Nama Microsoft

Setelah mengeluarkan beberapa bocoran dan teasers di situs Baidu, hari ini Microsoft resmi mengumumkan smartphone keluaran terbarunya, Microsoft Lumia 535. Tunggu, Microsoft? Bukan Nokia Lumia? Ya, rupanya Microsoft telah memutuskan untuk meninggalkan nama pabrikan smartphone yang diakuisisinya itu dan menyematkan namanya sendiri pada smartphone keluarannya kali ini. Dengan demikian, Lumia 535 merupakan smartphone Lumia pertama yang secara resmi menyandang nama Microsoft.
Microsoft Lumia 535
Lumia 535, smartphone Lumia pertama yang secara resmi menyandang nama Microsft
Microsoft menyebut Lumia 535 ini sebagai 5x5x5. Angka lima pertama adalah lima pengalaman terintegrasi Microsoft dengan lima perusahaannya, yaitu Skype (video calling dan chat), Office, Cortana (asisten pada OS Windows Phone 8.1), OneDrive (cloud storage), dan Outlook (layanan e-mail). Angka 5 yang kedua adalah kemampuan kamera depannya, yaitu 5 MP. Angka 5 terakhir adalah ukuran layarnya, yaitu 5 inchi. Berikut ini spesifikasi lengkap Microsoft Lumia 535.

Perbandingan Lumia 535 vs Lumia 530

Layar

Layar Lumia 535 yang menggunakan teknologi IPS LCD dan lapisan proteksi Corning Gorilla Glass 3 ini berukuran 5 inchi, sedangkan Lumia 530 hanya 4 inchi. Resolusi 535 juga lebih tinggi, yaitu 960x540, dibanding 530 yang 854x480. 

CPU: Prosesor Snapdragon

Sama seperti pendahulunya Lumia 530, smartphone seri 5xx ini pun memakai prosessor Snapdragon 200 quadcore A7 1,2 GHz.

RAM 

Besar RAM Lumia 535 ini 1 GB, lebih besar dari Lumia 530 yang hanya 512 MB, dengan demikian dapat menjamin kegegasan dan menghilangkan masalah-masalah kekurangan memori yang ada sebelumnya.

Dimensi Microsoft Lumia 535
Berat Lumia 535 adalah 146 g, detail dimensinya seperti pada gambar

Storage

Storage yang diusung 535 juga lebih besar daripada 530, yaitu 8 GB vs 4 GB. Tersedia juga 15 GB OneDrive cloud storage gratis, dan fika Anda masih merasa kurang lega, Anda dapat menambahkan sendiri micro SD hingga 128 GB pada slot yang telah disediakan.

Kamera

Smartphone ini menggunakan kamera belakang (rear camera) berukuran sama dengan 530, yaitu 5 MP, tapi kali ini didukung dengan autofokus. Sebagai kamera depannya, smartphone ini menggunakan resolusi 5 MP wide angle yang kini nge-trend menjadi Kamera Selfie pada Smartphone. Walaupun beresolusi 5 MP, kamera depan ini hanya mampu merekam video beresolusi 848x480 (FWVGA). Berita bagusnya, Microsoft telah mengembalikan ambient light sensor yang telah dihilangkan pada Lumia 530. Bagaimanapun juga, bagian smartphone ini merupakan upgrade yang paling mencolok pada Microsoft Lumia 535 dan tentu saja ini merupakan kelebihan smartphone ini. Sudah terlalu lama bukan kita dihadapkan pada kualitas kamera depan smartphone yang "parah".

Baterai

Baterai yang dipakai Lumia 535 berukuran 1905 mAh 3,7 volt, yang dapat diisi dengan lama charge 7Wh. Baterainya replaceable, cocok bagi Anda yang menginginkan

Waktu Bicara

Microsoft memasang waktu standby maksimal 23 hari, 11 jam untuk waktu bicara dalam jaringan 2G, dan 13 jam untuk 3G.

Harga

Microsoft Lumia 535 dibandrol dengan harga sekitar 136 dolar, atau sekitar Rp 1,65 juta (belum termasuk pajak dan ongkos distribusi).

Pilihan

Smartphone ini akan tersedia November ini dengan warna cukup beragam. Ada oranye, hitam, abu-abu, hijau, dan biru cyan. Anda dapat mengganti back covernya jika bosan.

Seperti kebanyakan smartphone lain, Microsoft Lumia 535 mengeluarkan dua varian model SIM, dual SIM dan single SIM (tipe kartu micro SIM). Bagaimana jatah untuk Indonesia? Menilik pengalaman yang sudah-sudah pada Nokia Asha, MajalahDroid memprediksi kita akan kebagian yang dual SIM. Kita tunggu saja! :)

Sumber Microsoft via AnandTech

1 Response to "Spesifikasi Lumia 535, Smartphone Pertama yang Menyandang Nama Microsoft"

  1. Kenapa sentuhannya kurang enak ? Apa karena ini karena gorilaglas3 terlalu tebal??

    ReplyDelete