Review Samsung Note Edge, Unik dan Berani Beda dengan Layar Lengkung-nya!

Sudah sekian lama industri smartphone berkutat dengan desain yang itu-itu saja hingga pada titik tertentu membuat kita bosan. Untuk itulah, Samsung baru saja membuat terobosan baru dalam hal desain smartphone dengan mengeluarkan Galaxy Note Edge!  Tidak ada yang baru dalam hal pedalaman HH satu ini. Seluruh jeroannya mirip Galaxy Note 4. Maka boleh dibilang jika Galaxy Note Edge ini versi update Galaxy Note. Tapi updatenya ini adalah inovasi yang sangat unik dan berani, yaitu edge-nya! Yang dimaksud Edge adalah desain layarnya yang unik. Samsung membuat desain sisi layar bagian kanan smartphone ini melengkung, sebuah gimmick yang berani! Memperhatikan layar unik tersebut, MajalahDroid menjadi terkenang dengan HP Nokia N8 yang berani membuat edge-nya melengkung, tapi tentu saja bukan layarnya seperti pada Note Edge ini. Dengan demikian, Samsung Galaxy Note Edge adalah smartphone pertama yang menggunakan desain layar seperti ini. Hal ini tentu memberikan experience berbeda pada penggunanya yang tentu saja menambah real value dari gawai satu ini.

Samsung Note Edge
Samsung Note Edge, unik dan berani beda dengan layar lengkung-nya!

Keunikan Layar Lengkung Galaxy Note Edge

Edge yang dimiliki smartphone ini sebenarnya adalah layar sekunder yang ditambahkan pada layar utama yang telah ada pada umumnya desain smartphone sekarang ini. Tak ada batas fisik antara kedua layar tersebut. Bahkan ketika Anda nyalakan, lock screen Note Edge ini melintas pada kedua layar, hanya saja akan terlihat garis batasnya. Dulu ketika pertama kali melihat Edge, MajalahDroid langsung mengasosiasikannya dengan taskbar di PC. Bedanya, walaupun hanya satu strip lebarnya, layar lengkung Samsung Galaxy Edge ini memiliki kemampuan meng-handle berbagai tasking secara independen. 

Pada edge-nya yang memiliki tambahan 160 piksel di luar layar utamanya ini, Anda dapat menjalankan berbagai aplikasi, mulai dari mengukur panjang sesuatu dengan penggaris, mengikuti skor pertandingan ala running teks,mengeksekusi games, menambahkan kontak (sampai dengan 10 kontak) hingga sekadar mengecek cuaca atau waktu, tanpa harus tumpang tindih dengan aplikasi yang Anda eksekusi pada layar utama. Misalnya ketika Anda melihat video, notifikasi panggilan masuk yang tiba-tiba pada smartphone umumnya akan menutupi video yang Anda tonton. Di Samsung Note Edge ini, notifikasi takkan mengganggu keasyikan Anda lagi karena notifikasi tersebut akan muncul pada layar Edge-nya.  Saat menonton Youtube pada smartphone ini, Anda tak perlu khawatir diganggu adge ini. Layar video tetap akan penuh (full mode). Jika menginginkannya muncul, lakukan swip-in pada Edge, dan untuk menghilangkannya kembali, tinggal tap videonya. Layar lengkung  ini juga memiliki palm rejection technology sehingga tidak akan aktif oleh sentuhan tanpa sengaja saat pengguna memegang telepon. 

Samsung Note Edge
Anda dapat melakukan custom panel widget Edge-nya
Yang cukup mengesankan, Anda dapat melakukan custom panel widget edge apa saja yang Anda suka. Secara default ada 11 panel di sana. Anda dapat membuat banyak edge dengan mendownloadnya, mencentang widget panel Edge favorit yang tinggal Anda swip untuk mengganti satu dengan yang lainnya. Setting untuk layar edge ini tersembunyi di tombol kecil panah di bagian bawah. Di saat malam hari, pilihan night clock mode memungkinkan layar lengkungnya menampilkan jam yang Anda inginkan.

Kelebihan Galaxy Note Edge

Kelebihan Note 4 adalah TouchWiz yang memungkinkan kita melakukan multitasking dengan mudah. Pada Edge ini, TouchWiz lebih diperamping. Kameranya mampu mengambil gambar dan video yang jernih. Baterainya yang removable juga menguntungkan bagi pengguna hardcore gadget. Dan, tentu saja ditambah S-Pen Stylus yang sangat berguna untuk menggambar, membuat notes, atau pesan dengan tulisan tangan.

Pertanyaan mendasarnya adalah: apakah para pengguna bersedia mengeluarkan tambahan 120 dolar atau sekitar 1,44 juta rupiah untuk berani beda? Samsung telah berani keluar dari patron, namun kita tidak tahu apakah ini cukup untuk menjamin penggunanya puas dengan Edge ini. Kita lihat saja!

0 Response to "Review Samsung Note Edge, Unik dan Berani Beda dengan Layar Lengkung-nya!"

Post a Comment