Inilah Alasan Mengapa Smartphone Xiaomi Sangat Fenomenal

Saat ini pecinta gadget tanah air hangat hangatnya membincangkan smartphone Xiaomi. Ya, smartphone buatan Tiongkok tersebut memang tengah menjadi fokus perhatian publik karena baru saja melakukan penjualan pertama salah di Indonesia 4 September lalu. Melalui seri Xiaomi Redmi 1S, produsen yang kerap disebut Apple dari Cina tersebut mulai menjajah pasar Indonesia. Setali tiga uang, Redmi 1S pun sukses merebut hati pecinta gadget tanah air, bahkan tak samapi satu jam Xiaomi Redmi 1S sudah ludes dibeli. Hal itu tak hanya terjadi di tanah air saja, penjualan di negara lain seperti Singapura, malaysia, dan China juga terjadi hal yang sama. 

Lantas mengapa Xiaomi menjadi sangat fenomenal ? banyak pertanyaan yang kemudian muncul setelah melihat kesuksesan Xiaomi. Jika produsen smartphone lain melakukan strategi produksi dan pemasaran secara wajar, lain halnya dengan Xiaomi karena dianggap sebagai langkah baru yang brilian sehingga membuat banyak orang penasaran. Nah dilansir dari Gizmodo, berikut adalah alasan mengapa Xiaomi menjadi sangat fenomenal :
Xiaomi Mi3
Xiaomi Mi3

Memiliki Fans Yang Fanatik

Meski belum lama lahir, namun Xiaomi ternyata telah memiliki Fans yang sangat fanatik. Fans Xiaomi memang sangat mendukung pemasaran setiap produk Xiaomi. Jika selama ini kita dibuat kagum oleh Apple yang selalu menimbulkan antrian panjang setiap kali merilis produk baru, kini kita sudah menemukan padannya di smartphone android. Xiaomi melakukan hal yang sama karena banyaknya fans yang selalu ingin mendapatkan produk terbaru dari Xiaomi. Fans Xiaomi memiliki ciri hampir sama dengan Fans Apple yang rela mengantri panjang untuk mendapatkan produk terbaru.

Harga Di Bawah Pasaran

Salah satu alasan yang paling kuat mengapa Xiaomi sangat fenomenal adalah faktor harga. Xiaomi berani mematok harga setiap produknya jauh di bawah harga pasar, meski demikian spesifikasi serta kualitas yang dimiliki tak kalah dengan produk dari vendor lain. Semua produk Xiaomi memiliki harga di bawah pasar, sebagai contoh adalah Xiaomi Mi3 yang berspesifikasi tinggi seperti prosesor Quad Core 1,8 GHz dengan layar 5 inchi dan kamera 13 MP hanya dijual seharga Rp 4 juta saja, jauh di bawah harga produk setara lain merk Samsung, atau Sony.

Strategi Marketing Hunger

Strategi marketing hunger adalah strategi pemasaran yang memberikan penawaran murah namun dalam waktu dan produk yang terbatas. Strategi ini terbukti membuat konsumen sangat penasaran, dan tertarik untuk buru buru membeli. Terbukti dari setiap penjualan produk Xiaomi selalu habis stock hanya dalam beberapa menit saja. 

Pemasaran Online

Xiaomi tidak melakukan pemasaran produk melalui iklan TV, atau media cetak sebab biayanya jauh lebih mahal dan bisa membebani harga produk. Xiaomi lebih memilih untuk melakukan pemasaran secara online via media sosial atau internet yang biayanya jauh lebih murah dan bisa ditekan. Selain itu pasar juga lebih tertarget. Strategi ini yang juga membuat harga produk Xiaomi menjadi lebih murah.

Karyawan Profesional

karyawan menjadi salah satu faktor kesuksesan sebuah perusahaan. Begitu juga dengan Xiaomi, meski sebagai vendor baru Xiaomi sadar betul akan pentingnya kualitas jajaran petinggi dan karyawannya. Oleh sebab itu Xiaomi merekrut Hugo bara dari Google, dan beberapa lainnya dari Microsoft.

Itulah alasan mengapa Xiaomi menjadi sangat Fenomenal, hanya saja masih ada hal yang dilupakan oleh Xiaomi terutama untuk wilayah pemasaran Indonesia bahwa sebuah produk membutuhkan layanan purna jual dan hal itu yang belum dibangun di Indonesia.